• Tentang IGI


    Ikatan Guru Indonesia (IGI) merupakan organisasi profesi guru yang disahkan oleh pemerintah melalui SK Depkumham Nomor AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009, tertanggal 26 November 2009. Melalui wadah IGI, diharapkan para guru dapat mengubah dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada pihak lain dan sekaligus bersiap menjadi lokomotif penggerak perubahan bagi bangsa.

    Dengan motto "Sharing and Growing Together", Ikatan Guru Indonesia akan menjadi komunitas yang tepat bagi para guru dan siapa saja yang tertarik dan peduli pada pentingnya memajukan dunia pendidikan dan keguruan.

    Sumber : http://www.igi.or.id/

    IGI di Maluku

    Pemanfaatan Sosial Media untuk kampanye online IGI Maluku. Dengan modal hampir 5.000 teman yang menjalin perkawanan di FaceBook, gaung IGI Pro Maluku, dengan cepat menjalar di setiap pikiran orang yang berkawan dengan penulis, apalagi beberapa di antaranya juga merupakan pengajar baik dosen, guru, atau pengajar lepas lainnya. Sehingga ketika tagline IGI Pusat dan IGI wilayah Maluku mulai terpampang di wall FB, makin banyak yang menarik perhatian. Mungkin bukan data yang valid, tapi dari setiap postingan tentang IGI selalu mendapat like (jempol biru) di diding Facebook.

     Inilah salah satu kemajuan terkini dari teknologi sosial media saat ini yang bisa dimanfaatkan dengan baik tentunya. Alhasil, ketika sukses menggelar acara sosialisasi IGI Propinsi Maluku di Kota Masohi, Maluku Tengah. Banyak respon dari kawan yang mulai mengirim pesan di Inbox FB bahkan SMS atau WhatsUp. Respon pun beragam, dari yang pro hingga yang agak kontra akan hadirnya IGI di Maluku. Hentakan IGI Pro Maluku di awal berdirinya.. 

    Dari hasil pertemuan dan sosialisasi dan pelatihan IGI Kota masohi 16  Januari 2016 yang menghadirkan 145 peserta dari seluruh sekolah di Masohi, (SD, SMP, SMA, SMK) dan guru-guru madrasah, memberi gambaran dan kesimpulan sementara bahwa rupanya bener para guru sudah lama ditinggal dan jauh dari pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan dinas termasuk organisasi profesi, kalaupun ada hanya kepala sekolah atau segelintir orang saja yang diikutkan, tetapi sebagian besar para guru jarang sekali dilatih. mereka kadang belajar secara otodidak, atau seadanya saja.   

    Bagi kawan-kawan guru yang mendukung adalah mereka yang tau benar kiprah IGI di Pusat dengan berbagai pelatihan dan pendampingan guru yang ingin kualitas guru lebih profesional lagi, dan mereka rela bahkan pasang badan untuk memajukan IGI di tempat masing-masing, minimal menjadi anggota dengan mendaftar langsung secara online. Tapi bagi mereka yang pesimis, adanya IGI adalah bagaimana mungkin IGI bisa bersaing dengan 'saudara tuanya' PGRI yang sudah lama berkiprah dari pusat hingga di daerah, bahkan sebagain besar guru di kabupaten, sangat ditekan oleh birokrasi pemda untuk tidak bisa malaksakanan pelatihan yang berlabel IGI karna mereka sudah merasa berhutang jasa atas sertifikasi profesi yang diusahakan oleh PGRI. Apalgi pentolan PGRI ada pada jabatan birokrasi kepala dinas hingga UPTD, ini juga yang menciutkan nyali para guru sehingga masih ragu-ragu menerima dan berjalan pada gerbong IGI.

    Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/odeabdurrachman/ikatan-guru-indonesia-igi-pro-maluku-benar-mengajar-bukan-menghajar-part-2_56c539e6cf7e61fb0eff2d72

  • 0 komentar:

    Posting Komentar